Komparasi Esemka dengan SUV Sejenis

Posted: January 18, 2012 in esemka, esemka patua, esemka rajawali
Tags: ,

Meski  masih baru dan hangat di perbincangkan, mobil Esemka hadir meramaikan pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia.Meski masih ‘seumur jagung’ dan belum setenar SUV di tanah air yang notabane buatan Jepang, namun mobil Esemka cukup memukau dan menghebohkan karena buatan siswa SMK solo.

Tampilan lampu depan sekilas mengingatkan kita dengan mobil Honda CR-V. Kalau  bodinya seperti SUV Ford Everest. Kenapa dari sekian banyak masyarakat sementara ini baru pejabat di surakarta dan walikota Surakarta yang menggunakan mobil ini sebagai kendaraan dinasnya!

Untuk mengetahui bagaimana performa Esemka Rajawali, dan membandingkan 3 SUV di tanah air termasuk Esemka. 2 diantaranya sebagai SUV terlaris di RI Toyota Rush 1.500 cc S VVTI Manual, dan dengan SUV yang memiliki kelas lebih tinggi yakni Honda CR-V 2.000 cc.

Daya tampung
Dari segi fungsi Esemka Rajawali tidak beda dari kedua SUV tersebut (Toyota Rush, Honda CR-V). Namun dari jumlah penumpang Esemka lebih banyak yakni bisa menampung 7 penumpang. Dari ukuran bodi Esemka Rajawali memiliki panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm,dan tinggi 1.630 mm. Honda CR-V lebih pendek dimensinya panjang 4.566 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.680 mm, panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm, serta tinggi 1.740 mm.

Desain bodi
Bodi Esemka terlihat kaku dan tidak memperlihatkan aerodinamis, beda dengan SUV Rush dan SUV Honda CR-V. Dan beberapa bagian eksterior SUV Esemka masih banyak meniru desain mobil yang beredar di tanah air. Namun jika berbicara ide, pemikiran anak SMK tersebut cukup menarik lewat SUV Esemka.

Mesin
Beralih ke mesin, Esemka mengusung mesin 1.500cc SOHC dengan 4 silinder berbahan bakar bensin, dengan teknologi multi point injection yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 Hp pada putaran 5.500 RPM dengan torsi maksimum hingga 145 Nm di 4.100 RPM. Mesin tersebut menggerakkan roda belakang.

Bila dibandingkan dengan Honda CR-V 2.000cc mesinnya mengusung 1.997cc SOHC dengan asupan bensin PGM-Fi. CR-V berpenggerak roda depan. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 150 Hp pada 6.200 RPM dan torsi 190 Nm pada 4.200 RPM.

Dan untuk Toyota Rush diperkuat mesin 1.500cc bensin dengan 5 kecepatan dan masih manual berpenggerak roda belakang. Kolaborasi itu bisa menghasilkan tenaga 109 Hp pada 6.000 RPM serta torsi 141 Hp pada 4.400 RPM. SUV Rush sudah dilengkapi dengan Electronic Power Steering (EPS). Kesimpulannya Esemka tidak kalah jauh deh..

Fitur keselamatan dan hiburan

Esemka Rajawali sudah mengaplikasikan fitur elektronik mirip SUV lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parkir, dan CD player. Minusnya belum dilengkapi Airbag.

Harga ketiga SUV

Untuk harga mobil Esemka Rajawali dengan fitur yang sudah hampir lengkap SUV Esemka hanya dibanderol Rp 90 juta. Jelas jauh dengan kedua SUV Rush dan Honda CR-V. Toyota Rush 1.500 cc S dress up dibanderol Rp 208,3 juta sementara SUH Honda CR-V Rp 348 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s