Tips Cara Sebelum Membeli Mobil Baru

Posted: February 15, 2012 in harga mobil

Keinginan beli mobil baru bagi masyarakat modern merupakan salah satu kebutuhan. Tergantung anggaran yang dimiliki, ada 2 pilihan mobil ketika mau membeli :  mobil bekas atau mobil baru.

Tahap pertama – Siapakan Dana minimal 20% dari Harga Mobil

Siapkan anggaran untuk membeli mobil. Ini merupakan jawaban yang bodoh. Di mana-mana kalau mau beli barang ya harus pakai uang. Namun kita bisa membeli mobil dengan uang lebih sedikit. Uang yang sedikit ini kita sebut sebagai uang muka atau Down Payment (DP).

Tahap kedua – Datang ke Dealer Mobil

Kunjungi dealer-dealar mobil dan cari tahu tentang mobil anda yang di inginkan. Ada banyak dealer mobil dengan berbagai jenis kendaraan. Di tempat ini kita melihat-lihat fisik mobil bahkan bila diijinkan kita bisa test drive. Kita akan dipandu oleh sales mobil mengenai spesifikasi mobil, keunggulan dan kegunaannya, dan tentu saja harga mobilnya, siapa tahu sales ini akan memberikan diskon dan berbagai bonus untuk Anda. Simpan kartu nama dan nomor kontak sales tersebut.

Tahap ketiga – Berhitung Cicilan

Jika sudah cocok dengan mobil pilihan anda, mulailah menghitung cicilan pembayarannya. Biasanya cicilan mobil dibatasi sampai dengan 5 tahun atau 60 bulan. Semakin panjang periode cicilan, bunganya semakin tinggi.

Mobil yang dicicil, wajib menggunakan asuransi kendaraan. Maka ketika kita membeli mobil, kita juga membayar uang untuk asuransi mobil kita. Jadi Harga Mobil = Harga Jual Mobil + Asuransi Selama Cicilan.

Tahap keempat – Tanda Jadi

Ketika sudah mantap untuk membeli mobil, kita kontak sales mobil dan setor uang sebagai tanda jadi. Dari sales mobil ini akan diberikan Surat Pesanan Kendaraan (SPK). Isi dari SPK berupa jenis kendaraan, harga mobil setelah diskon dan ketentuan lainnya.  Siapkan fotokopi KTP sebagai bukti pemesanan mobil. Identitas di KTP akan digunakan sebagai acuan dalam STNK dan BPKB.

Tahap kelima – Surat-surat Kendaraan

Setelah mobil diterima maka kita akan mendapatkan surat-surat berikut ini

  • Kuitansi (2 minggu setelah tanggal pembelian)
  • Faktur (2 minggu setelah tanggal pembelian)
  • STNK (2 minggu setelah tanggal pembelian)
  • BPKB (paling lama 6 bulan setelah tanggal pembelian)
  • Buku Panduan
  • Buku Servis

Bila Anda mencicil mobil, maka BPKB akan ditahan oleh kreditor hingga lunas.

Tahap keenam – Cek Fisik Mobil Baru

Ketika mobil akan diambil atau di antar ke rumah perhatikan kondisi fisik mobil. Apakah ada yang penyok /baret ,  kondisi aki, kondisi ac, semuanya cek list ini ada di buku servis kendaraan Anda, dan ditandatangani oleh sales mobil dengan persetujuan Anda. Pastikan pula bonus-bonus yang dijanjikan oleh sales, ada pada Anda.

Tahap ketujuh – Safety Driving

Selamat menikmati mobil baru, ingat selama 1.000 km mobil Anda sebaiknya tidak di bawa kebut-kebutan atau rem mendadak. Setelah 1.000 km biasanya Anda akan diminta untuk datang ke bengkel untuk pertama kalinya. Catat semua keluhan Anda ketika berkendara selama 1.000 km, bila ada yang ganjil tanyakan dan minta solusinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s