Mengenal Mesin Berteknologi VVT-i

Posted: April 13, 2012 in Uncategorized
Tags:

Sudah tahukah bahwa sebagian besar mobil keluaran dari Toyota menggunakan mesin berteknologikan Variable Valve Tuning-Intelligent (VVT-i) dan apa kehebatan teknologi mesin ini? Sedikit penjelasan awal teknologi mesin ini digunakan pada mesin Toyota.

Teknologi mesin VVT-i telah lama menggantikan posisi teknologi mesin VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4E-GE 5 silinder. Awalnya teknologi anyar ini diperkenalkan pada tahun 1996 dan sudah sebagian besar mobil-mobil Toyota menerapkan teknologi ini. Kehandalan mesin ini adalah membuat mesin lebih efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar. Penasaran dengan sistem kinerja teknologi mesin VVT-i? Berikut penjelasannya…

Cara kerja mesin ini terbilang sederhana, mesin ini membutuhkan waktu untuk menghitung buka tutup katup ( valve timing ) yang optimal, lalu ECU menyesuaikan dengan kecepatan mesin, diteruskan valume udara yang masuk, lalu posisi throttle (akselerator) dan temperatur air kemudian agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.

Sistem VVT-i ini terus mengkoreksi valve timing.  Pengkoreksian ini disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi yang optimal disetiap putaran mesin. Begitulah cara kerja teknologi mesin VVT-i tersebut, sudah jelas kan?

Oiya sudah beberapa varian Toyota yang menerapkan teknologi VVT-i seperti: Toyota Innova, Toyota Avanza,  Toyota Yaris dan sedan Vios.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s